Pemasaran Buku
Pelatihan belajar menulis PGRI
Tema : Pemasaran buku
Hari : Rabu, 29 Juni 2022
Resume : ke 19
Gelombang : 25
Narasumber : Agus Subrdana, S.E.,M.M.
Moderator : Sigid Purwo Nugroho
Assalamu Alaikum Wr.Wb
Alhamdulillah dipertemukan dengan malam ke 19 dari 30 pertemuan, semoga bisa mengikuti sampai selesai, tema malam ini adalah pemasaran buku yang dibawakan oleh Narasumber kita Agus Subardana didampingi oleh Sigid Purwo Nugroho.
Starategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. kenapa demikian, hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan. jenis-jenis buku yang diterbitkan tersebut dikelompokkan menjadi kategori buku.
Salah satu contoh penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak kategori produk yaitu ada 32 katagori produk (katagori buku anak,buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi-novel, buku pengembangan diri, buku teks, dll.
A. Strategi Pemasaran buku serangan udara (online)
1. pentingnya transformasi digital dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Ekonomi. era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low -touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran disektor-sektor industri, terutama sektor industri perbukuan.
Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, cara belajar-mengajar, kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. strteginya yang utama yang kita pakai adalah digital markerting dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbit buku.
Untuk penjualan buku lewat online ini kita harus terus proaktif untuk terus promoi, supaya kita dapat :
- menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetian konsumen terjaga.
- Menjaga kestabilan penjualan saat pasar lagi lesu
- Menaikkan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yangg diinginkan
- Mengubah tingkah laku (yang kurang minat beli, menjadikan tertarik beli), persepsi dan pendapat konsumen
2. Pemasaran Buku lewat komunitas
kita tentunnya punya komunitas masing-masing sesuai dengan kapasitaas kita untuk membentuk komunitas dan relasi, maka gunakanla jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku.
Penjualan lewat kominitas akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi penjualan buku kita tawarkan. kuncinya kita harus proaktif komunikatif dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
B. Strategi pemasaran buku serangan darat (Ofline)
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasipasar buku, kita harus melakukan pemetan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik.
Strategi pemasaraan buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan trget pasar yangkita tuju, antara lain :
1. Toko Buku, penerbit buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri, sebagian besar sebagai pemasok toko buku di Indonesi.
Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin ditoko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu toko buku, modern, toko buku semi modern, dan toko buku tradisional.
Strategi Promosi di Toko Buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain:
- Menguasai display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, program TAB, program TAM dll.
2. Directselling, pemasaran buku lewat directslling ini kita petakan berdasarkan jenis kategori buku penjualan buku yang kita terbitkan. jenis katagori buku penjualan lewat directselling kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku pendidikan (buku mata pelajaran utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK)
- Buku tes perguruan untuk semua mata kuliah
- Buku referensi untuk jenjang TKSD, SMP,SMA-SMK, Perguruan tinggi dan umum.
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai industri penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan dengan menempatkan tenaga penjual (sales) disetiap wilayah kota dan kabupaten. penerbit ANDI Ofset mempunyai 96 cabang di Indonesia DARI Aceh s.d Jayspura.
sekian Wassalam
Siip resumenya Mbak..
BalasHapusTerima kasih Bu rumi
HapusLengkap dan mantap👍
BalasHapusWow...warnanya menarik resumenya buat tertarik...
BalasHapusResumenya ok bu, adem pula tampilan blog nya
BalasHapusBungkus buku Solonya ya....dan siap pasarkan baik online atau offline
BalasHapusayo semanagat buat buku solonya
BalasHapus